Mutiara's Notes

Siapa Rebut Adidas Golden Boot?

1 Jul 2012 - 08:37 WIB

Adidas Golden Boot

The UEFA EURO 2012 adidas Golden Boot uefa.com

Partai puncak EURO 2012 akan digelar dini hari nanti, mempertemukan 2 jawara dunia dalam dua gelaran terakhir. Italia sebagai kampium piala dunia 2006 dan Spanyol sang jawara 2010. Melihat statistik ini, laga final ini akan diprediksi menjadi laga yang seru, belum lagi mereka pernah bertemu dalam laga perdana penyisihan group dengan berbagi skor sama 1-1. Meksi begitu, bursa taruhan lebih banyak menjagokan Spanyol, sang jawara bertahan. Nah, selain akan menjadi pembuktian siapa yang akan menjadi jawara Eropa tahun ini, pertandingan dini hari nanti juga akan menjadi perebutan sepatu emar, gelar prestisius individu bagi pemain dengan torehan gol terbanyak.

Sampai saat ini, ada 5 pemain dengan torehan gol 3 gol, Mario Mandzukic, Mario Gomez, Cristiano Ronaldo, Alan Dzagoev, dan Mario Balotelli yang menyodok dalam daftar pemain setelah mencetak dua gol dalam laga semi-final melawan Jerman. Dari kelima pemain tersebut, Balotelli memiliki peluang paling besar karena masih memiliki kesempatan bermain dalam laga final nanti. Artinya, jika Balotelli mampu mencetak 1 gol saja, bukan tidak mungkin penyerang Manchester City ini akan meraih gelar prestisius ini, termasuk kemungkinan untuk membawa Italia meraih tropi EURO untuk ke-2 kalinya.

Namun, si Bengal belum bisa tenang sepenuhnya. Dibawah, menguntit 3 pemain Spanyol dengan torehan 2 gol, Xabi Alonso, Cesc Fabregas, Fernando Torres, dan ketiganya hampir pasti bisa bermain dini hari nanti. Saingan terberat Balotelli datang dari Fabregas dan Torres. Maklum , keduanya kerap kali dipasang sebagai penyerang pasukan Spanyol. Meski begitu, Alonso pun tak bisa dipandang sebelah mata. Pemain tengah andalan Real Madrid ini seringkali menjadi pemecah kebuntuan dengan akurasi dari tendangan jarak jauhnya.

Namun, melihat ketatnya pertandingan bukan tidak mungkin hasil imbang tanpa gol akan terjadi dan berakhir dengan adu penalti. Dan, sebagaimana regulasi yang ada, gol dari tendangan adu penalti tak terhitung sebagai sebuah gol dalam satu pertandingan. Maka, jika ini yang terjadi, perhitungan akan semakin rumit karene, sebagaimana yang ada dalam wesbite resmnya, UEFA menerapkan 2 kriteria untuk perhitungannya (1) pemain dengan jumlah assist tertinggi, dan (2) lama seorang pemain bermain dilapangan (dalam hitungan menit). Sampai sejauh ini, sebelum pertandingan final Italia vs Spanyol, tiga besar kandidat peraih sepatu emas adalah Mario Gomez, dengan donasi 3 gol, 1 assist, dan 282 menit bermain, Alan Dzagoev, dengan 3 gol, 0 assist, dan 253 menit bertanding, serta Mario Mandzukic dengan 3 gol, 0 assist, dan 270 menit bermain. Well, kita tunggu saja, siapa yang akan menobatkan dirinya sebagai pemain tersebur EURO edisi 2012 ini dan berhak atas The UEFA EURO 2012 adidas Golden Boot.


TAGS   sepatu emas EURO 2012 / Adidas Golden Boot / Top Scorer EURO 2012 /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive