Mutiara's Notes

Pasukan Muda Spanyol Belum Sehebat Seniornya

31 Jul 2012 - 01:56 WIB

tim-muda-spanyolSetelah dua kali berturut-turut menjadi raja sepakbola Eropa serta kesuksesan menjadi jawara piala dunia pada 2010, timnas muda Spanyol datang ke ajang Olimpiade dengan optimisme tinggi, merebut medali emas dan menggulang sejarah yang pernah terjadi pada tahun 1992.

Berbekal beberapa skuad dengan nama mentereng yang sempat berlaga di Euro 2012 seperti Juan Matta dan Jordi Alba, optimisme ini sangatlah beralasan. Belum lagi, Spanyol tergabung dalam group D bersama tim yang relatif mudah seperti Honduras, Maroko, atau Jepang. Mungkin, hanya Jepang yang di atas kertas menjadi lawan terberat Spanyol.

Namun, prediksi tinggal prediksi. Optimisme tak terbayar sempurna. Hanya dalam dua pertandingan pertama, tiki taka muda harus menelan dua kekalahan yang membuat mereka harus mengubur mimpi mereka menyempurnakan koleksi tropi piala Eropa yang baru saja direbut.

Menghadapi pasukan Jepang pada pertandingan pertama penyisihan group, tim muda Spanyol harus rela dipecundangi dengan skor tipis 0-1 berkat gol Yuki Otsu. Pemain Borussia Monchengladbach ini mampu menceploskan bola ke gawang De Gea pada menit ke 34 tanpa mampu dibalas.

Kekalahan dipertandingan pertama menjadikan tim muda Spanyol harus berjuang keras pada pertandingan kedua jika tidak mau menjadi salah satu tim yang pertama kali pulang kampung. Menghadapi Honduras yang di atas kertas memiliki kualitas dibawah Spanyol, harapan ini cukup realistis. Namun, lagi-lagi bola memang bundar. Gol semata wayang Jerry Bengtson pada menit ke 7 tak juga mampu dibalas meski beberapa kali pasukan muda Spanyol memiliki peluang matang. Walhasil, sampai semua pertandingan kedua penyisihan group selesai di gelar, Spanyol merupakan salah satu tim yang belum mengoleksi angka bersama dengan Uni Emirat Arab. Dan, mereka pun harus rela menjadi tim pertama yang dipastikan tersisih dari perebutan medali salah satu cabang olah raga paling bergengsi ini, meski masih menyisakan satu pertandingan lagi.

Dari dua pertandingan yang terlah dijalani, terlihat sekali pasukan muda Tiki Taka memiliki masalah ketajaman. Meski mereka mendominasi pertandingan dan mampu melepaskan tembakan ke gawang berkali-kali, tak satupun dari tembakan itu yang membuahkan hasil. Pasangan Adrian Lopez dan Rodrigo Moreno ataupun Christian Tello belum bisa padu dan setajam senior mereka. Lalu, bagaimanakah masa depan sepak bola Spanyol? Bukankah mereka adalah pemain-pemain yang diproyeksikan untuk mengantikan para senior mereka yang sudah mulai dimakan usia? Hanya waktu yang akan menjawabnya.

***

Sumber Gambar disini


TAGS   sepak bola olimpiade London / Timnas muda Spanyol / hasil sepak bola olimpiade London /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive