Mutiara's Notes

Conte, Special One Dari Italia

7 Sep 2012 - 07:04 WIB

conteSiapa yang tidak pernah mendengar julukan “Special one”? Julukan ini sangat identik dengan sosok pria Portugal Jose Mourinho semasa melatih Chelsea dan Inter Milan sebelum akhirnya mengubah julukannya menjadi “the Only One”. Namun kini, ada “Special One” baru yang muncul di ranah Italia, yaitu Antonio Conte. Keberhasilannya membawa Juventus menjuarai Serie-A musim 2011/2012 tanpa sekalipun terkalahkan membuat para Juventini menyebutnya “The Italian Special One.”

Lalu, bagaimana dengan Mourinho, sang pemiliki asli julukan tersebut?

Sebagai pemilik asli julukan “Special One”, Mou merasa bangga dengan diberikannya julukan ini kepada Conte. Bahkan, pria Portugal ini mengatakan bahwa Conte sedikit mirip dengannya. Ia tahu apa yang ia inginkan serta sosok pemenang sejati.

Terlalu berlebihankah julukan ini untuk seorang pelatih sekelas Conte?

Karir kepelatihan Conte memang baru dimulai tahun 2006. Ia pun baru melatih lima klub, Arezzo, Bari, Atalanta, Siena, dan Juventus. Bisa dikatakan hanya Juventus tim besar yang pernah dibesut oleh Conte. Selebihnya, semuanya tim level ke-dua. Ia pun baru menjalani 195 pertandingan dengan statistik 95 kemenangan, 64 seri, dan 36 kali mengalami kekalahan. Sebelum melatih Bianconeri, kesuksesan terbesar Conte adalah membawa Bari menjuarai Serie-B pada musim 2008/2009 dan promosi ke Serie-A.

Namun begitu, sejak menukangi Juventus 22 Mei 2011, Conte mampu membuat gebrakan. Si Nyonya Tua memiliki permainan yang lebih hidup dan efektif. Conte pun mampu menjungkir balikkan prediksi dengan memenangi Serie-A. Sayang, untuk 10 bulan kedepan, kita tidak akan menyaksikan aksi mantan pemain nasional Italia ini di pinggir lapangan terkait dengan kasus scommessopoli semasa ia melatih Siena.

So, berlebihan atau tidak, Conte setidaknya telah membuktikan mampu membawa kejayaan Juventus di ranah Italia mengungguli seteru abadinya duo Milan dengan meraih Scudetto serta Piala Super Italia. Kita pun masih menunggu pencapaian-pencapaian sang Special One dari Italia ini selanjutnya.


TAGS   Antonio Conte / The Italian Special One / Juventus / Special One dari Italia /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive